Sunday 8 April 2012

Pelajaran tentang Etika dan Perilaku Manusia

Suatu hari , lili diberitahu sesuatu hal bahwa uang yang diberikan orang tua lili kepada saudaranya hanya digunakan sebagai ongkos taksi dan untuk jalan-jalan , padahal istri pamannya itu lagi sakit. Kemudian dia langsung percaya begitu saja tanpa mencari tahu akan kebenarannya. Suatu saat, orang tua lili ingin menjenguk kakak iparnya a.ka istri pamannya itu kerumah sakit. Kemudian lili minta ikut dan akhirnya lili pun ikut pergi kesana bersama orang tua dan kakaknya. Sesampainya disana, lili melihat keadaan tantenya itu, ada selang untuk infusan dan ada selang untuk mengeluarkan urine, ia sangat terenyuh, lili bersalaman dengan tantenya, kemudian tantenya bilang, "makasih ya lili udah dateng". 
Lalu tantenya itu cerita kalau omnya atau pamannya lili apabila dia habis dikasih uang sama orangtuanya lili, pasti dia bilang ke tantenya. Dan seketika itu juga lili tersadar, bahwa apa yang dikatakan orang lain tentang pamannya ke lili itu salah. Kemudian kakaknya lili keluar ruangan, lili pun ikut keluar. Sesampainya diluar, lili berkata kepada kakaknya , "eh, gw ga tega ngeliat tante, kasian banget, pengen nangis gue." kemudian kakaknya lili pun berkata,"makanya jangan nilai orang sembarangan! orang pun pasti punya sisi baiknya juga lah..." lili berkata,"gw kan ga tau, kemarin-kemarin gw percaya aja apa kata orang karena gw belum liat keadaannya."
akhirnya, lili pun menangis. kemudian dia mengingat-ingat memori masa lalu tentang tantenya itu. dan dia berkata dalam hati ,"selama ini, dia emang baik sama gue! dia ga pernah marahin gw atau nyusahin gw walaupun dia suka pinjem **** ke nyokap gw , tapi dia baik sama gw. gw ngerasa bersalah banget udah nyumpahin dia yang nggak-nggak selama ini. maafin hamba ya allah."
Satu jam kemudian lili beserta orang tua dan kakaknya pamit pulang kepada tantenya. Tantenya bilang sekali lagi, "Makasih ya lili udah mau jenguk", "iya, cepet sembuh ya..."

The End
Itulah sepenggal kisah kehidupan yang benar-benar nyata. Hikmah yang bisa diambil dari kisah ini yaitu: 
1. "JANGAN PERNAH MENILAI ORANG DARI KEBURUKANNYA SAJA! TETAPI KITA JUGA HARUS MELIHAT KEBAIKKANNYA DIA!
2. "JANGAN PERCAYA APA KATA ORANG LAIN TENTANG SESEORANG APABILA KITA BELUM MELIHAT SENDIRI FAKTANYA!"

No comments:

Post a Comment