Tuesday 27 March 2012

Definisi dan Struktur Teori Akuntansi


Definisi Teori Akuntansi
Teori Akuntansi adalah asumsi-asumsi dasar, definisi-definisi, prinsip, dan konsep-konsep yang mendasari penyusunan peraturan atau ketentuan akuntansi dan pelaporan keuangan serta bagaimana asumsi-asumsi dasar, definisi-definisi, prinsip, dan konsep-konsep tersebut diperoleh.
Struktur teori akuntansi terdiri dari:
1.       Pernyataan tujuan laporan keuangan. Tujuan Laporan Keuangan adalah untuk menyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan, kinerja serta perubahan posisi keuangan suatu perusahaan yang bermanfaat bagi sejumlah besar pemakai dalam pengambilan keputusan ekonomi.
2.      a. Postulat akuntansi adalah pemyataan yang tidak memerlukan pembuktian atau aksioma, berterima umum berdasarkan kesesuaiannya dengan tujuan laporan keuangan yang menggambarkan lingkungan ekonomi, politik, sosiologi dan hukum tempat akuntansi beroperasi.
 b. Konsep teoritis akuntansi itu sama dengan postulat akuntansi, tetapi perbedaannya yaitu tujuan laporan keuangannya menggambarkan sifat-sifat akuntansi yang berperan dalam ekonomi bebas yang ditandai oleh adanya pengakuan pada pemilikan pribadi.
3.      Prinsip dasar akuntansi adalah prinsip sifat-sifat yang mendasari akuntansi dan seluruh outputnya (laporan keuangan) yang menjadi dasar dalam pengembangan teknik atau prosedur akuntansi yang dipakai dalam menyusun lap.keu.
4.      Standar akuntansi adalah peraturan-peraturan khusus yang dijabarkan dari prinsip dasar akuntansi, yang mengatur tentang bagaimana standar perlakuan pencatatan dan pelaporan terhadap semua transaksi atau kejadian-kejadian tertentu yang dialami oleh suatu entitas perusahaan.

No comments:

Post a Comment