Saturday 31 March 2012

Anggaran versus Aktual


Karakteristik sistem laporan yang baik
Sebuah sistem laporan anggaran yang baik mempunyai karakteristik –karakteristik sebagai berikut:
1. Laporan anggaran merinci varians-varians prestasi aktual dari anggaran berdasarkan faktor-faktor penyebabnya dan unit organisasi yang bertanggung jawab
2. Laporan ini mencakup ramalan tahunan
3. Laporan ini mencantumkan penjelasan mengenai :
a. Sebab varians (selisih)
b. Tindakan yang diambil untuk mengkoreksi varian yang tidak menguntungkan
c. Waktu yang dibutuhkan agar tindakan koreksi atau perbaikan bisa efektif 
Varians karena faktor kausal
Analisis varians tidak mempunyai arti kecuali jika varians-varians dilaporkan secara terpisah berdasarkan faktor-faktor penyebabnya dan unit organisasi yang bertanggung jawab. Khususnya varians pendapatan harus dipisah dari varians biaya. Varians pendapatan (revenue), pada gilirannya, harus dirinci menjadi varians-varians harga, bauran, dan volume, sedangkan varians biaya perlu penjelasan penyebabnya.
RAMALAN TAHUNAN
Laporan prestasi anggaran sebaiknya, dan jika mungkin, memperlihatkan ramalan tahunan. Ada 2 sebab pokoknya:
1. Manajemen perlu mengetahui seberapa pentingnya varians
2. Manajemen membutuhkan perkiraan laba tahunan yang mutakhir untuk kepentingan perencanaan
SEBAB-SEBAB, TINDAKAN, DAN WAKTU
Jika manajemen senior akan menggunakan laporan untuk kerja anggaran sebagai dasar untuk mengendalikan kegiatan perusahaan, ia harus tahu sebab-sebab dari varians yang besar, tindakan yang akan dilakukan untuk mengoreksi dan memperbaikinya, dan waktu yang diperkirakan untuk setiap tindakan koreksi. Penjelasan mengenai varians serta macam dan waktu tindakan yang dilakukan harus diperoleh dari manajer operasional yang bertanggung jawab.
Kontrol Anggaran
Kontrol Anggaran merupakan bagian integral dari manajemen. ini terdiri dalam perbandingan antara hasil kinerja aktual dan kinerja yang dianggarkan. kontrol Anggaran memverifikasi apakah rencana dipahami atau tidak, dan menempatkan ke dalam tindakan korektif dimana efek penyimpangan atau kinerja yang kurang yang terjadi.

No comments:

Post a Comment